Index» » » » » » » » » » » Android Jelly Bean 4 2 Mitos Fakta dan Review part 2

Android Jelly Bean 4 2 Mitos Fakta dan Review part 2

Jumat, 15 November 2013


Kelebihan:
- Photo Sphere, pengalaman baru dalam mengambil gambar
- Photo Editing Tool: lengkap, cepat dan dapat diandalkan.
- Fitur-fitur baru, pengalaman baru.


Kekurangan:
- Jeda rotasi posisi kamera selama 1-2 detik
- Penggunaan Photo Sphere yang cukup sulit


Highlights:
Android Jelly Bean 4.2 merupakan peningkatan dari versi sebelumnya 4.1. Walau kode namanya sama tetapi banyak pengalaman baru yang dapat dirasakan di Android 4.2 ini: Photo Sphere, photo editing tool, gesture typing, dan lain sebagainya. Google juga telah merilis update 4.2.1 untuk menghilangkan bug Desember dan beberapa peningkatan lainnya.


(lihat artikel bagian pertama)
Sebelumnya melanjutkan, kami membawa berita baik bagi Anda yang telah memakai Android 4.2 karena Update 4.2.1 telah disebarkan melalui udara (OTA), Kamis pagi (29/11)! Update yang berhasil diidentifikasi antara lain: bug Desember, dan penambahan kompatibilitas hardware bluetooth.
Melanjutkan poin-poin pada artikel sebelumnya, perubahan signifikan pada Android Jelly Bean 4.2 terlihat pada hal-hal berikut:
 
4. Gallery Photo Editing Tool
Menurut kami, Photo Editing Tool ini adalah perubahan yang paling mantap. Dibandingkan dengan Jelly Bean 4.1, Google telah menambah fitur di tool ini, sehingga Anda nyaris tidak memerlukan photo editing tool lain.
Fitur yang ditawarkan sangat lengkap, mulai dari 9 pilihan Filter; 6 pilihan Border/Frame, 4 Transform Tool (Straighten, Crop, Rotate dan Mirror), Color Effect (Autocolor, Exposure, Vignette, Contrast, Shadows, Vibrance, Sharpness, Curves, Hue, Saturation, BW Filter), sayangnya belum ada fitur penambahan text.
Anda dapat melihat perbedaan editing dari foto semula dengan mengusap gambar yang ada, dan bahkan Anda dapat mengakses History dari editing yang anda lakukan dari tombol menu atau usap dari kanan layar. Photo Editing Tool ini seakan menggabungkan fungsi Instagram dan Photoshop sederhana dalam perangkat Android.
Hal menarik yang kami sorot adalah Curves dapat diatur dalam Red, Green, Blue dan RGB (semuanya), Di sisi lain, sangat disayangkan faktor resolusi yang ditawarkan dalam Crop hanya 1:1, 4:3, 3:4, 5:7, 7:5, None (tanpa faktor resolusi), dan Original (faktor resolusi orisinil). Kami sedikit berharap adanya 3:2 dan 16:9 yang cukup sering dipakai sebagai ukuran foto, walaupun memang kita bisa menggunakan opsi manual tanpa faktor resolusi.
Filter Selection, Border Selection, Transform
Color Effects, History, Curves (Contoh Photo Effect)
 
5. Gmail
Bagi para pengguna Gmail yang aktif, ada dua fungsi baru yang sangat membantu di dalam Gmail 4.2. Pertama, dengan fitur swipping conversation list, secara default email di inbox akan masuk ke archive jika Anda usap ke samping, sedangkan di tempat/label lain akan terhapus (masuk ke dalam trash). Kedua, jika Anda mengaktifkan Auto-fit messages, Anda akan dapat melakukan pinch-to-zoom di dalam email.
Fitur baru Gmail
 
6. Developer Options
Anda yang sering memakai Developer Options mungkin sempat kaget karena menu tersebut hilang di 4.2. Secara default menu developer options ini dipasang dalam keadaan false oleh Google. Akan tetapi, Anda tetap dapat mengaktifkannya kembali dengan cara mengakses menu Settings > About phone > Build number. Sentuh 7 kali bagian Build number, Anda akan mendapatkan notifikasi, dan developer options akan kembali muncul di tempatnya yang semula, dan terdapat beberapa menu baru di dalamnya, seperti Force 4x MSAA, Simulate secondary displays dan lainnya.
 
Bug Desember, Mitos Baterai dan Bug-bug Lainnya
Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bulan Desember sempat hilang pada Android 4.2. Walaupun hanya terjadi pada aplikasi People (Contacts), hal ini sempat menjadi isu yang heboh di media. Namun, menurut para pengguna yang telah mencoba langsung Android 4.2, hal ini tidaklah mengganggu karena tidak terjadi di aplikasi selain People (contohnya pada gambar kanan, aplikasi Event tetap memiliki bulan Desember). Tentu saja bug ini tidak perlu dikhawatirkan lagi karena Google telah merilis update 4.2.1 yang telah bersih dari masalah ini.
Banyak pengguna yang menunggkapkan masalah pada baterai yang cepat habis, dan waktu pengisian baterai yang lebih lama dari sebelumnya (Galaxy Nexus dan Nexus 7). Dari pengalaman kami memakai Galaxy Nexus Android 4.2, tidak memberikan dampak yang terlalu banyak.
Berdasarkan pantauan kami, dari berbagai pendapat pengguna, kebocoran baterai -jika terjadi- disebabkan oleh berbagai aplikasi yang bermasalah saat upgrade menuju Android 4.2 -salah satu yang sering disebutkan adalah Exchange Email-. Solusinya adalah, cek penggunaan baterai Anda melalui Settings > Battery. Jika ada aplikasi yang menggunakan baterai secara tidak wajar, Anda perlu mereset datanya atau menginstall ulang aplikasi tersebut. Beberapa pengguna juga melaporkan adanya kemajuan daya tahan baterai setelah update 4.2.1.
Beberapa bug lain yang dilaporkan antara lain; random reboot yang terjadi, dan beberapa aplikasi menjadi lamban saat dibuka. Kedua hal tersebut tidak terjadi pada pengalaman kami, dan juga beberapa komunitas yang kami pantau.
 
Demikian review Android 4.2 dan update 4.2.1 dari kami. Jika Anda sudah mencobanya, silahkan berbagi pengalaman Anda di kolom komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar